gue

gue
aa

Rabu, 29 Agustus 2012

Catu Daya

Catu Daya

Catu Daya (Power Supply), adalah komponen yang menyediakan energi listrik untuk sistem. Sederhana sekali fungsinya, padahal inilah jantung dari sistem. Ketika komputer sudah mulai pakai GPU, catu daya perlu perhatian lebih.

Daftar isi

[sembunyikan]

Deskripsi Sistem

Catu daya komputer yang dipakai sejak jaman Intel Pentium mengikuti spesifikasi ATX. Salah satu keistimewaanya, dia bisa dikontrol oleh CPU, sehingga:
  • penggunaan catu daya lebih efisien karena disesuaikan dengan beban CPU
  • bisa diistirahatkan saat komputer di-shutdown.
Mula-mula, catru daya ATX cukup sederhana dan hanya menyediakan konektor untuk
  • Motherboard
  • Harddisk dan CD Drive
  • Floppy Disk
Namun dengan berkembangnya jaman, kini berbagai komponen minta daya lebih besar sehingga tak bisa lagi dipasok melalui motherboard. Muncullah konektor-konektor untuk:
  • CPU
  • CPU multi processor
  • GPU
  • Super GPU
  • Pendingin
Dengan demikian kala membeli catu daya, anda harus mempertimbangkan
  • Kapasitas daya yang disediakan, disesuaikan dengan permintaan daya seluruh sistem.
  • Kompatibilitas konektor, terutama sesuai motherboard.
  • Modularitas kabel (kabel bisa dilepas pasang), agar bisa lebih ringkas.

Pengalaman

Super Desktop

Akhir tahun 2008, telah dibeli sebuah komputer super desktop dengan mesin utama:
  • CPU Intel core 2 duo
  • GPU NVIDIA GTX 280
Mula-mula komputer ini kencang sekali, namun pada bulan ketiga, mulai muncul masalah. Ketika sedang bekerja penuh, komputer bisa mati sendiri. Ini tanda-tanda komputer kekurangan daya.
Ketika dibuka, komputer ini sebenarnya sudah memakai catu daya Enlight 600W. Menurut spesifikasi, ini sudah mencukupi. Setelah diperiksa lebih jauh, ternyata masukan dari jala-jala listrik ke komputer ini yang kurang tegangan (hanya 190 Volt). Ternyata, biang keladinya ada di extension yang kurang bagus. Setelah ekstension diganti, masalah menghilang. Namun itu tidak lama. Catu daya akhirnya jebol, dan harus diganti. Tidak mau ambil resiko, dipasanglah catu daya 1000W.

View Node

Komputer view node pada sistem Dozen 2009, aslinya adalah komputer desktop biasa, dengan CPU AMD Athlon 64 X2, dan video Card ATI Radeon kelas bawah. Untuk itu, catu daya SimQ 400W sudah cukup pantas.
Kemudian, kartu video komputer ini diganti dengan NVIDIA GTS 250. Menurut spesifikasi, GPU ini bisa makan daya hingga 280W. Dengan demikian, Catu Daya 400W adalah batas minimum bawah. Namun karena belum ada, dicoba saja (nekad nih).
Sebulan berjalan, tidak ada masalah. Sampai kemudian, komputer ini menjalankan aplikasi grafis intensif (game 3D). Setelah 2 jam, komputer mendadak mati sendiri. Catu daya terasa panas, dan ... nampaknya almarhum. Kini komputer itu memakai Enlight 600W.

Catu Daya Kluster

Sistem kluster Dozen 2008 terdiri dari 6 komputer, menggunakan CPU Intel Xeon versi hemat energi (50W). Karena itu, diperkirakan daya total satu komputer hanya sekitar 150W, artinya total sekitar 900W.
Demi penghematan biaya dan ukuran fisik, muncul ide untuk menggunakan 1 PSU untuk ke enam komputer. Karena itu disiapkanlah konektor pembagi daya dari 1 PSU ke enam motherboard, yang melibatkan 7x20 kabel. Lumayan merepotkan karena mencari konektor DIN-20 tak ada yang jual, harus kanibal dari PSU rusak.

Ketika akhirnya siap dipasang, baru timbul pikiran. Sebagai sistem ATX, catu daya bisa dikontrol oleh CPU. Apa yang akan terjadi kalau satu komputer di-shutdown ? kalau PSU akan shutdown juga, artinya 5 komputer lainnya mati mendadak.
Akhir cerita, akhirnya dibeli catu daya 380W untuk masing-masing komputer. Harga total 6 buah PSU tersebut hanya Rp 240 ribu. Masih lebih murah dibanding harga satu PSU 1200W bagus (sekitar $300).


Catu Daya Multi CPU

Dalam perkembangannya, kluster Dozen 2008 yang semula terdiri dari 6 komputer, diringkas menjadi 3 komputer saja. Masing-masing komputer kini memiliki 2 CPU Xeon. Masalah timbul karena sebelumnya dengan 1 CPU, motherboard bisa dicatu dengan konektor 4. Untuk dual CPU, diperlukan catu EPS 8.
Jika membeli, harga PSU termurah yang mendukung EPS8 sekitar $30, untuk tiga komputer perlu total $90. Buat berhemat, PSU lama akhirnya dibuka, dan dipasangi kabel EPS8 hasil dari kanibal PSU bagus Dozen 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar