gue

gue
aa

Minggu, 02 September 2012

Steven Fafler Penemu Kursi Roda

Steven Fafler Penemu Kursi Roda

“Teman sangat berarti bagiku”. Inilah yang terucap dari seorang Steven Fafler. Bagi Steven teman begitu berarti. Karena teman inilah ia terpacu untuk membuat kursi roda. Steven sebagai salah satu pemimpin asal Prancis ini berhasil membuat kursi roda untuk pertamakalinya. Ia berhasil mengoperasikan kursi roda dengan dilakukan sendiri oleh sang pengguna dengan tanpa bantuan orang kedua dalam pergerakkannya.
Demi temannya yang mengalami ketidak sempurnaan fisik. Pemuda berkebangsaan Jerman yang hanya baru berusia 22 tahun ini, terus merevolusi pemikirannya dan akhirnya berhasil menciptakan kursi roda manual yang dapat digerakan dengan tanpa bantuan orang lain. Peristiwa loyalitas persahabatan yang menghasilkan benda paling berguna, bagi manusia yang mengalami kekurangan ini terjadi pada tahun 1665.
Steven Fafler menggunakan besi sebagai bahan dasar rangkanya dan kain maupun kulit sebagai alas tempat duduknya. Kursi roda untuk ciptaan Steven Fafler masih mempunyai beberapa kendala diantaranya berat dan sanggahan kaki yang belum mempunyai kenyamanan dalam pemakaiannya. Setelah penemuan Steven perkembangan kursi rodapun berlanjut kesebuah penemuan penyempurnaan yang bertujuan komersial.
Inovasi kursi roda yang mana hasilnya tidak jauh berbeda dengan yang ada masa sekarang ini dibuat oleh John Dawson pada tahun 1783. Seorang pria berkebangsaan inggris ini semacam menyempurnakan temuan dari Steven Fafler. Kursi roda ini dalam bentuknya telah mempunyai sandaran untuk tangan dan pijakan kaki yang dapat sesuaikan oleh penggunanya.
Kursi roda ini juga mempunyai tempat duduk yang lebih nyaman dari kursi roda kreasi Fafler. Kursi roda dari Mr. Dawson ini mempunyai berat yang cukup ringan dan mempunyai mobilitas pergerakan yang tinggi, namun terdapat beberapa kekurangan. Masih kurang lengkapnya fasilitas yang ada dikursi roda buatan Dawson, memacu dua orang lainnya yang menambahkan inovasi diperkembangan kursi roda.
Kedua orang yang membuat kursi roda kreasinya menjadi semacam buku panduan untuk kursi roda selanjutnya adalah Everest dan Jennings. Kreatifitas dua orang sahabat ini muncul pada tahun 1933 dikota London. Pola pikir yang ada pertama kali yang diinginkan Herbet Everest dan Harry Jennings adalah bagaimana caranya kursi roda dapat dimasukan kedalam mobil. Dari sanalah pemikiran itu terus berkembang dan menghasilkan kursi yang mempunyai nilai jual. Bila mana sebuah komersialitas telah bergema, maka untuk perkembangan selanjutnya dari kursi roda adalah modifikasi yang berorientasi marketing demand.
Kedua pria yang berasal dari Amerika Serikat ini berhasil mendirikan perusahaan yang memproduksi kursi roda manual dan kursi roda elektrik. Perusahaan ini hingga saat ini masih berdiri dan menjadi perusahaan yang mempunyai standarisasi kursi roda terbaik dikelasnya.
Pada tahun 1963 seseorang yang berkecimpung dalam dunia teknologi memperkenalkan kursi roda elektrik. Dimana seseorang berkebangsaan eropa ini akhirnya mendirikan perusahaan yang memproduksi kursi roda elektrik. Penemu ini kursi roda elektrik ini bernama Per Udeen, seorang doktor yang mempunyai kemampuan mekanikal berdasarkan elektronikal ini berhasil membantu meringan beban pemakai kursi roda.
Dalam perkembangan kedepan kursi roda tidak banyak berubah pada bentuknya namun berevolusi dari segi komposisi beratnya maupun fitur kenyamanannya. Perkembangan selanjutnya kursi roda menjadi semakin ringan dan semakin mobile. Kebutuhan akan penyempurnaan kursi roda sangat diperlukan karena pengguna kursi rodapun membutuhkan kenyamanan yang berkelanjutan. Dikarenakan kursi roda merupakan hal yang berkaitan dengan dunia kesehatan, maka pengembangan akan kursi roda ini melibatkan banyak pakar kesehatan dalam penyempurnaannya. (SG/dari berbagai sumber)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar