gue

gue
aa

Jumat, 27 Juli 2012

perangkat lunak komputer dan isinya

Perangkat lunak komputer dan fungsinya

Sekumpulan data berupa data elektronik yang tersimpan pada komputer biasa disebut Perangkat lunak komputer atau software, Data yang di maksud dapat berupa program ataupun intruksi digital atau catatan yang dibutuhkan oleh komputer untuk keperluan melaksanakan perintah yang di jalankan oleh keseluruhan sistem operasi komputer, atau biasa di sebut software
ADVERTISEMENT
 
Agar software berjalan dengan baik di buatlah sebuah rangkaian logika, logika tersebut  disusun dan diolah melalui aplikasi komputer. Pengeloahan pada perangkat lunak komputer melibatkan beberapa hal seperti , sistem operasi komputer, program komputer, dan data. software mengatur sedemikian rupa sistem yang ada sehingga logika yang ada dapat dimengerti dan dijalankan oleh perangkat keras komputer.
Umumnya  software atau program aplikasi komputer dibagi menjadi tiga , yaitu Sistem Operasi komputer, Bahasa Pemrograman komputer dan software Aplikasi komputer.
Sistem operasi komputer  – dapat diartikan sebagai penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi komputer, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi komputer maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi komputer itu sendiri.
ADVERTISEMENT
Pengertian sistem operasi komputer secara umum adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pengguna sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Perangkat Lunak Bahasa komputer ,- adalah program komputer yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer itu sendiri.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi) Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti, karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan masih banyak yanga lainnya.
Perangkat Lunak Aplikasi komputer ,- Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
Program Aplikasi komputer – Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang  ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah : Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir, Program billing warnet/wartel
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. Contohnya Program pengolah kata, Microsoft Word, Open Office.org Writter, ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.Program pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc, Quattro Pro, Lotus 123, dll. Program presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres, Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.
ADVERTISEMENT
 

Read more: http://chapila.com/komputer/perangkat-lunak-komputer.html#ixzz21pk95mCr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar